Langsung ke konten utama

RINGKASAN MATERI AGAMA ISLAM BAB VIII KELAS VII SMP - SEJARAH NABI MUHAMMAD SAW

Dibawah ini adalah ringkasan materi yang dibuat oleh murid les saya yang duduk di bangku kelas vii a di smp negeri 3 sungai kunyit, kabupaten mempawah !


NAMA                                   : DIVANIA  PUTRI  AMBARSARI
KELAS                                  : VII A
MATA PELAJARAN          : AGAMA ISLAM
TUGAS                                  : RINGKASAN MATERI

BAB VIII
SEJARAH NABI MUHAMMAD SAW
A.    Sejarah Nabi Muhammad SAW dari Kelahiran Hingga Diangkat Menjadi Rasul
1.      Mekah Sebelum Kenabian Muhammad
Mekah, sebuah kota yang terletak dilembah kering dan dikelilingi bukit – bukit karang tandus. Mekah saat ini terletak dibagian barat kerajaan arab Saudi di tanah Hijaz yang dikelilingi oleh gunung – gunung, terutama disekitar kakbah. Dikota inilah Nabi Muhammad SAW lahir. Nabi Muhammad adalah warga ma’la, beliau lahir dan menetap disana hingga tiba saatnya hijrah ke Madinah.
Kota mekah dikenal sejak zaman Nabi Ibrahim a.s dan Nabi Ismail a.s, putranya. Penduduk mekah merupakan keturunan Nabi Ismail a.s, demikian menurut para musafir. Nabi ismasil menikah dengan wanita dari suku jurhum dan dikaruniai keturunan yang disebut suku quraisy. Suku quraisy dikenal sebagai pengurus Baitullah secara turun temurun. Mata pencaharian penduduk mekah adalah berdagang. Mata pencaharian sebagai pedagang menyebabkan kehidupan ekonomi mereka relatif maju.
Sebelum kedatangan islam, di mekah tidak ada kerajaan atau Negara. Meskipun demikian, telah ada semacam peraturan yang mengatur masalah ibadah dan sosial kemasyarakatan. Keimanan yang diwarisi dari Nabi Ibrahim a.s. telah mengalami penyimpangan. Masyarakat jahiliah mempercayai bahwa Allah adalah Tuhan. Akan tetapi, mereka juga meyakini bahwa berhala – berhala itu juga tuhan. Allah adalah Tuhan yang sangat jauh dengankan tuhan yang dekat adalah Manat, Hubal, Lata, dan Uzza. Mereka mempercayai bahwa berhala atau batu – batu tersebut dapat mengabulkan keinginan.
Dibidang hukum, masyarakat mekah saat itu memiliki ketetapan hukum. Aturan yang berlaku saat itu adalah siapa yang kuat dialah yang menang. Pada saat itu peperangan sering terjadi. Peperangan dianggap hal yang biasa. Kedudukan wanita pada saat itu sangat memprihatinkan. Mereka menganggap kaum wanita sebagai barang yang tidak berharga.
Pada saat itu kehidupan social politik sangat memprihatinkan. Semangat golongan atau suku untuk bersaing sangat berlebihan. Kepentingan kabilah dan suku diatas segalanya. Apabila ada anggota kabilah yang diganggu oleh anggota kabilah lainnya, bisa dipastikan akan terjadi pertumpahan darah.
Para bangsawan pada umumnya kaya raya karena perdagangan dikuasai oleh kelompok ini. Dua kelas lainnya adalah orang miskin. Para budak tidak memiliki hak.

2.      Kelahiran Hingga Kenabian Muhammad
Nabi Muhammad SAW lahir ditengah tengah masyarakat yang rusak, baik moral maupun kemasyarakatannya. Nabi Muhammad SAW lahir dari seorang ayah bernama Abdullah, putra Abdul Muttalib dan Ibundanya bernama Siti Aminah binti Wahhab bin Abdul Manaf. Abdullah, sebagaimana penduduk Mekah berprofesi sebagai pedagang. Dalam perjalanan berdagang, Abdullah sakit kemudian wafat. Pada saat itu Aminah sedang mengandung Nabi Muhammad SAW. Jadi, Nabi Muhammad SAW lahir sebagai seorang yatim.
Nabi Muhammad SAW lahir di Mekah pada tanggal 12 Rabiul Awal tahun gajah yang bertepatan dengan 20 april 570 M. Ketika siti aminah melahirkan bayi laki – laki, Abdul Muttalib, kakeknya Nabi Muhammad SAW bersukacita. Dia member nama sang cucu Muhammad. Nabi Muhammad diasuh ibundanya dan Halimah as-sa’diyah. Halimah berasal dari suku Saad yang tinggal dipegunungan berhawa sejuk. Kehadiran bayi Muhammad membawa berkah bagi keluarga Halimah.
Setelah Muhammad tidak lagi menyusu, tibalah saatnya mengembalikan kepada ibunya. Aminah menerima Muhammad dengan sukacita. Baru beberapa saat Muhammad diasuh ibunya, wabah penyakit melanda mekah. Khawatir Muhammad turut terserang wabah, beliau dikembalikan kepada Halimah. Muhammad berada dibawah asuhan Halimah hingga berumur 4 tahun.
Pada suatu hari, Aminah mengajak Muhammad berziarah kepusara sang ayah, Abdullah. Mereka bertolak kepusara Abdullah sambil bersilaturahmi kepada sanak saudara. Setelah dirasa cukup, mereka pun kembali ke Mekah. Setibanya di desa Abwa, Aminah jatuh sakit kemudian wafat. Selanjutnya, Muhammad diasuh oleh Abdul Muttalib, Kakeknya. Tak lama berselang, Abdul Muttalib wafat kemudian Nabi Muhammad SAW diasuh Abu Talib, Pamannya.
Abu Talib bukanlah orang kaya. Muhammad membantu meringankan beban sang paman dengan menggembala kambing. Muhammad juga membantu sang paman dengan berdagang. Dalam perjalanan dagang tersebut, Muhammad selalu dinaungi oleh segumpal awan. Dengan demikian beliau tidak merasakan panas matahri yang menyengat.
Muhammad telah berusia 25 tahun. Dia membawa barang dagangan khadijah, seorang saudagar yang kaya raya ke Suriah. Hasil perdagangan Muhammad ke Suriah melebihi perkiraan. Rasa simpati Khadijah yang telah tumbuh semenjak pertemuan pertama semakin besar. Ahirnya khadijah melamar Muhammad dan pernikahan pun digelar.
Muhammad SAW memiliki kebiasaan menyendiri di gua. Saat itu Muhammad sedang bertahanus di gua Hira. Tiba – tiba datanglah malaikat dengan membawa wahyu. Malaikat itu berkata kepada Muhammad, “Iqra!” “Bacalah!” Muhammad terkejut dan menjawab, “Saya tidak dapat membaca!” Pertanyaan itu diulangi sampai tiga kali dan jawaban Muhammad tetap sama. Selanjutnya malaikat itu pun berkata yang artinya:
“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha mulia. Yang mengajar (manusia) dengan pena. Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya.” (Q.S. Al-‘Alaq [96]: 1-5).
Muhammad kemudian mengucapkan bacaan tersebut. Cepat – cepat Muhammad meninggalkan Gua Hira. Semenjak turunnya wahyu pertama, Muhammad telah diagkat menjadi rasul utusan Allah SWT.

B.     Misi Yang Dibawa Nabi Muhammad SAW
Nabi Muhammad diutus Allah SWT dengan membawa misi tertentu. Misi tersebut diperuntukkan bagi seluruh umat manusia. Bisa dikatakan bahwa misi yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW bersifat universal bukan hanya bagi bangsa Arab meskipun Nabi Muhammad SAW lahir dan besar di tanahArab.
Keuniversalan misi yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW, dapat ditemukan dalam ayat Al-Qur’an. Terdapat banyak sekali ayat yang diawali dengan kalimat “Yaayuhan nas” dan “Ya ayyuhal lazi na amanu”.

Risalah tauhid yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW berlaku bagi umat manusia. Hanya Allah SWT yang patut disembah, disampaikan dan diajarkan kepada seluruh umat manusia. Bagi bangsa manapun, Tuhan yang patut disembah hanya Allah SWT.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

34 PROVINSI DI INDONESIA BESERTA PAKAIAN, MAKANAN KHAS, TARIAN DAERAH, ALAT MUSIK, RUMAH ADAT DAN LAGU DAERAH

34 PROVINSI DI INDONESIA BESERTA PAKAIAN, MAKANAN KHAS, TARIAN DAERAH, ALAM MUSIK, RUMAH ADAT DAN LAGU DAERAH 1.       Provinsi   Nanggro Aceh Darussalam   (NAD) Pakaian Daerah : Pidie Makanan Khas : Timpan, Masak udang cumi, Gulai Aceh,Daging masak pedas, Korma kambing, Sie Reubeouh cuka, Gulai kepala ikan,   Meuseukat, Kanji Rumbi Tarian Daerah : Tari Seudati, Tari Saman, Tari Ranup Lam Puan, Tari Meuseukat, Tari Kipah Sikarang Aceh, Tari Aceh Gempar, Tari Mulia Ratep Aceh, Tari Rapai Geleng Aceh, Tari Turun Kuaih Aunen Aceh, Tari Bungong Seulanga Aceh, Tari Seudati Ratoh Aceh, Tari Nayak Padi Aceh, Tari Saman Jaton Aceh, Tari Kipah Sitangke Aceh, Tari Dodaidi Aceh, Tari Likok Puloe Aceh, Tari Didong Gayo Aceh, Tari Tarek Pukat Aceh, Tari Aceh Ek U Gle, Tari Aceh Dara Meukipah Tari Aceh Top Pade. Alat Musik : Serune Kalee Rumah Adat : Rumoh Aceh, Rumah Krong Pade atau Ber

CONTOH PROPOSAL SEPAK BOLA

Assalamu'alaikum kawan - kawan. dibawah ini saya bagikan contoh proposal sepak bola yang bisa kawan - kawan lihat. semoga bermanfaat ! PERSATUAN SEPAK BOLA MENDALOK PSM FC DESA MENDALOK, KEC.SUNGAI KUNYIT, KAB. MEMPAWAH Alamat : Jl.Moch Yasin, Desa Mendalok, Kecamatan Sungai Kunyit, Kab. Mempawah                                                                                                             Mendalok, 1 Februari 2017 Nomor              : 01 / PSM.FC/ II / 2017 Lampiran         : 1 Berkas Perihal              : Permohonan Bantuan Dana Kepada. Yth. Bapak Kepala Desa Mendalok                                                                                                             Di –                                                                                                                         Tempat Assalamu’alaikum. Wr. Wb Dengan hormat, Alhamdulillahirobbil’alamin, teriring puji syukur ke ha

CONTOH PROPOSAL REMAJA MASJID

PROPOSAL REMAJA MASJID DARUL JANNAH DESA MENDALOK                                                       REMAJA MASJID DARUL JANNAH Jln. Moch Yasin, Dusun Durian, RT:07/RW:02,            Desa Mendalok, Kec.Sungai Kunyit. REMAJA MASJID DARUL JANNAH DESA MENDALOK KECAMATAN SUNGAI KUNYIT Alamat : Jl.Moch Yasin, RT:07/RW:02, Desa Mendalok, Kecamatan Sungai Kunyit, Kab.Mempawah Nomor   : 08/RMDJ-DM/VIII/2017                                        Mendalok, 01 Februari 2017 Lamp.    : 1 Berkas                                                                   H a l       :  Permohonan Bantuan Dana                                Kepada                                                                                                  Yth. Bapak Kepala Desa Mendalok      di_                                                                                                             T e m p a t Dengan hormat, Bersama den