Langsung ke konten utama

MAKALAH PROSES, ASPEK DAN DAMPAK GLOBALISASI DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA

Assalamu'alaikum wr.wb.
selamat pagi kawan - kawan !
saya sering membantu murid les atau keluarga yang ingin mengerjakan tugas melalui internet. nah, ini merupakan makalah kelompok dari murid les saya. makalah ini saya kerjakan juga dengan melihat referensi dari postingan kawan - kawan lainnya di blog yang saya cantumkan di daftar pustaka.
semoga bermanfaat ya kawan - kawan !
KATA PENGANTAR
Segala puji dan syukur kami panjatkan kekhadirat Allah SWT, Tuhan yang telah memberikan beragam nikmat-Nya kepada kita semua sehingga Alhamdulillah kami diberikan kelancaran dalam membuat makalah yang berjudul “Proses, Aspek, dan Dampak Globalisasi Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara”. Salawat dan salam semoga selamanya tercurah dan terlimpah kepada Nabi Muhammad SAW, keluarganya, para sahabatnya serta seluruh umatnya termasuk kita yang akan melanjutkan perjuangan dakwahnya semoga kita akan mendapatkan safa’atnya nanti diakhirat, amin.
Dalam makalah ini kami uraikan berbagai hal terkait masalah pengertian dan dampak globalisasi di berbagai bidang, baik itu dampak positif maupun dampak negatifnya serta beberapa hal lainya yang berkaitan dengan Globalisasi.
Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada seluruh pihak yang telah mendukung terselesaikanya makalah ini.
Kami menyadari bahwa Makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, karena kami pun masih dalam tahap belajar. Oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini di kemudian hari. Semoga Makalah ini memberikan manfaat yang besar bagi kita semua. Amin.

Sungai Kunyit, 13 Februari 2017


Penyusun

(KELOMPOK 3)
BAB I
PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang
Globalisasi adalah suatu fenomena khusus dalam peradaban manusia yang bergerak terus dalam masyarakat global dan merupakan bagian dari proses manusia global itu. Kehadiran teknologi informasi dan teknologi komunikasi mempercepat akselerasi proses globalisasi ini. Globalisasi menyentuh seluruh aspek penting kehidupan. Globalisasi menciptakan berbagai tantangan dan permasalahan baru yang harus dijawab, dipecahkan dalam upaya memanfaatkan globalisasi untuk kepentingan kehidupan.
Globalisasi sendiri merupakan sebuah istilah yang muncul sekitar dua puluh tahun yang lalu, dan mulai begitu populer sebagai ideologi baru sekitar lima atau sepuluh tahun terakhir. Sebagai istilah, globalisasi begitu mudah diterima atau dikenal masyarakat seluruh dunia. Wacana globalisasi sebagai sebuah proses ditandai dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga ia mampu mengubah dunia secara mendasar. Globalisasi sering diperbincangkan oleh banyak orang, mulai dari para pakar ekonomi, sampai penjual iklan. Dalam kata globalisasi tersebut mengandung suatu pengetian akan hilangnya satu situasi dimana berbagai pergerakan barang dan jasa antar negara diseluruh dunia dapat bergerak bebas dan terbuka dalam perdagangan. Dan dengan terbukanya satu negara terhadap negara lain, yang masuk bukan hanya barang dan jasa, tetapi juga teknologi, pola konsumsi, pendidikan, nilai budaya dan lain-lain.
Konsep akan globalisasi menurut Robertson (1992), mengacu pada penyempitan dunia secara insentif dan peningkatan kesadaran kita akan dunia, yaitu semakin meningkatnya koneksi global dan pemahaman kita akan koneksi tersebut. Di sini penyempitan dunia dapat dipahami dalam konteks institusi modernitas dan intensifikasi kesadaran dunia dapat dipersepsikan refleksif dengan lebih baik secara budaya. Globalisasi memiliki banyak penafsiran dari berbagai sudut pandang. Sebagian orang menafsirkan globalisasi sebagai proses pengecilan dunia atau menjadikan dunia sebagaimana layaknya sebuah perkampungan kecil. Sebagian lainnya menyebutkan bahwa globalisasi adalah upaya penyatuan masyarakat dunia dari sisi gaya hidup, orientasi, dan budaya. Pengertian lain dari globalisasi seperti yang dikatakan oleh Barker (2004) adalah bahwa globalisasi merupakan koneksi global ekonomi, sosial, budaya dan politik yang semakin mengarah ke berbagai arah di seluruh penjuru dunia dan merasuk ke dalam kesadaran kita. Produksi global atas produk lokal dan lokalisasi produk global Globalisasi adalah proses dimana berbagai peristiwa, keputusan dan kegiatan di belahan dunia yang satu dapat membawa konsekuensi penting bagi berbagai individu dan masyarakat di belahan dunia yang lain.(A.G. Mc.Grew, 1992).
Proses perkembangan globalisasi pada awalnya ditandai kemajuan bidang teknologi informasi dan komunikasi. Bidang tersebut merupakan penggerak globalisasi. Dari kemajuan bidang ini kemudian mempengaruhi sektor-sektor lain dalam kehidupan, seperti bidang politik, ekonomi, sosial, budaya dan lain-lain. Contoh sederhana dengan teknologi internet, parabola dan TV, orang di belahan bumi manapun akan dapat mengakses berita dari belahan dunia yang lain secara cepat. Hal ini akan terjadi interaksi antarmasyarakat dunia secara luas, yang akhirnya akan saling mempengaruhi satu sama lain, terutama pada kebudayaan daerah,seperti kebudayaan gotong royong,menjenguk tetangga sakit dan lain-lain. Globalisasi juga berpengaruh terhadap pemuda dalam kehidupan sehari-hari, seperti budaya berpakaian, gaya rambut dan sebagainya
2.      Rumusan Masalah
a.       Apa defenisi Globalisasi ?
b.      Bagaimana proses terjadinya globalisasi?
c.       Apa saja aspek – aspek dari globalisasi?
d.      Apa saja dampak dari Globalisasi?

3.      Tujuan
a.       Untuk mengetahui apa itu globalisasi.
b.      Untuk mengetahui bagaimana proses terjadinya globalisasi
c.       Untuk mengetahui aspek – aspek dari globalisasi
d.      Untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan dari globalisasi. 
4.      Manfaat
a.       Menambah wawasan bagi siswa        
b.      Memperluas pengetahuan bagi siswa tentang pengertian, proses, aspek dan dampak globalisasi dalam berbangsa dan bernegara
c.       Menginformasikan kepada siswa, guru maupun masyarakat tentang globalisasi. 
BAB II
PROSES, ASPEK DAN DAMPAK GLOBALISASI DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA

1.      Pengertian Globalisasi
Globalisasi adalah proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya. Kemajuan infrastruktur transportasi dan telekomunikasi, termasuk kemunculan telegraf dan Internet, merupakan faktor utama dalam globalisasi yang semakin mendorong saling ketergantungan (interdependensi) aktivitas ekonomi dan budaya.
Istilah globalisasi makin sering digunakan sejak pertengahan tahun 1980-an dan lebih sering lagi sejak pertengahan 1990-an. Pada tahun 2000, Dana Moneter Internasional (IMF) mengidentifikasi empat aspek dasar globalisasi: perdagangan dan transaksi, pergerakan modal dan investasi, migrasi dan perpindahan manusia, dan pembebasan ilmu pengetahuan. Selain itu, tantangan-tantangan lingkungan seperti perubahan iklim, polusi air dan udara lintas perbatasan, dan pemancingan berlebihan dari lautan juga ada hubungannya dengan globalisasi. Proses globalisasi memengaruhi dan dipengaruhi oleh bisnis dan tata kerja, ekonomi, sumber daya sosial-budaya, dan lingkungan alam.
Pengertian Globalisasi menurut bahasa adalah Global dan sasi, Global adalah mendunia, dan Sasi adalah Proses, jadi apabila pengertian Globalisasi menurut ahasa ini di gabungkan menjadi “Proses sesuatu yang mendunia”.

2.      Proses Globalisasi
Globalisasi muncul karena peradaban manusia yang bergerak terus dalam masyarakat global dan merupakan bagian dari proses manusia global itu. Kehadiran teknologi informasi dan teknologi komunikasi mempercepat akselerasi proses globalisasi ini.
Berikut ini beberapa factor pendukung munculnya globalisasi :
a.       Berkembangnya Teknologi Komunikasi.
b.      Adanya Integrasi Ekonomi Dunia

Perkembangan yang paling menonjol dalam era globalisasi adalah globalisasi informasi, demikian juga dalam bidang sosial seperti gaya hidup. Serta hal ini dapat dipicu dari adanya penunjangan arus informasi global melalui siaran televise baik langsung maupun tidak langsung, dapat menimbulkan rasa simpati masyarakat namun bisa juga menimbulkan kesenjangan sosial. Terjadinya perubahan nilai-nilai sosial pada masyarakat, sehingga memunculkan kelompok spesialis di luar negeri daripada di negerinya sendiri, seperti meniru gaya punk,cara bergaul.

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan meningkatnya globalisasi :
a.       Perubahan politik dunia
b.       Aliran informasi yang cepat dan luas
c.       Perkembangan perusahaan-perusahaan transnasional

Berikut ini beberapa ciri yang menandakan semakin berkembangnya fenomena globalisasi :
a.       Perubahan dalam Konstantin ruang dan waktu. Perkembangan barang-barang seperti : telepon genggam,televise satelit,dan internet menunjukkan bahwa komunikasi global terjadi demikian cepatnya, sementara melalui pergerakan massa semacam turisme memungkinkan kita merasakan banyak hal dari budaya yang berbeda.
b.      Pasar dan produksi ekonomi di negara-negara yang berbeda menjadi saling bergantung sebagai akibat dari pertumbuhan perdagangan inter nasional,peningkatan pengaruh perusahaan multinasional dan dominasi organisasi semacam world trade organization (WTO).
c.       Peningkatan interaksi cultural melalui perkembangan media massa (terutama televise,film,music, dan transmisi berita dan olahraga internasional).saat ini, kita dapat mengonsumsi dan mengalami gagasan dan pengalaman baru mengenai hal-hal yang melintasi beraneka ragam budaya, misalnya dalam bidang fashion,literature,dan makanan.
d.      Meningkatnya masalah bersama,misalnya pada bidang lingkungan hidup,krisis multinasional,inflasi ragional dan lain-lain.

3.      Aspek – Aspek Dalam Globalisasi
a.       Globalisasi Ekonomi 
1)      Globalisasi produksi. 
2)      Globalisasi pembiayaan. 
3)      Globalisasi tenaga kerja. 
4)      Globalisasi jaringan informasi. 
5)      Globalisasi perdagangan.

b.      Globalisasi Politik 
Globalisasi politik atau global politik adalah pergulatan global dalam mewujudkan kepentingan para aktor yang menjalankannya. Dalam proses ini negara mengalami berbagai masalah yang tidak bisa teratasi dengan kekuatan sendiri. Globalisasi telah menciptakan berbagai masalah dan kepentingan yang sifatnya global, intrastate, atau bahkan suprastate. 

Ada banyak aktor yang bermain dalam globalisasi politik. 
1)      Negara-negara yang dipetakan secara dikotomis (pembagia•atas dua kelompok yang bertentangan). Misal: negara besar dan kecil, 
2)      Organisasi-organisasi antarpemerintah (IGO atau Inter-Governmental Organizations). Misalnya, ASEAN, NATO, dan European Community. 
3)      Perusahaan internasional yang dikenal dengan Multinational Corporations (MNC) atau Transnational Corporations atau Global Firms. 
4)      Organisasi internasional atau transnasional yang nonpemerintah (INGO, International Non-Governmental Organizations). Misalnya, Palang Merah Internasional, Workingmen's Association (Socialist International), dan International Women's League for Peace and Freedom. 
5)      Organisasi-organisasi nonformal, rahasia, dan setengah rahasia. Misalnya, mafia, teroris, pembajak, penyelundup, preman global, tentara bayaran, dan hacker. komputer. 

c.        Globalisasi Sosial Budaya 
Perkembangan globalisasi kebudayaan secara intensif terjadi pada awal abad XX dengan berkemtangnya teknologi komunikasi. Kontak melalui media menggantikan kontak fisik sebagai sarana utama komunikasi antarbangsa. 

d.      Globalisasi Informasi dan Komunikasi
Informasi dan komunikasi yang didukung tekhnologi canggih semakin efisien dan efektif.  Contoh : Telepon, Radio, Televisi, Internet dapat mengatasi jarak jauh menjadi dekat, dapat digunakan berkomunikasi antar warga suatu negara dengan warga negara lain yang saling berjauhan. Barang yang ditawarkan lewat televisi dan koran lebih mudah dikenal konsumen.  Industri wisata suatu negara ditawarkan lewat media massa sehingga meningkatkan arus wisatawan, pernyataan seseorang dengan cepat dapat disiarkan lewat radio, TV , koran dan internet.

e.       Globalisasi Hukum
Globalisasi adalah  mengaburkan batas-batas kenegaraan dibidang hukum sehingga tidak ada lagi negara yang dapat mengklaim bahwa ia menganut sistem hukum nasional secara absolut.  Kini telah terjadi saling mempengaruhi antar sistem hukum, termasuk Indonesia. Contoh:  Adanya aspirasi masyarakat yang menghendaki adanya perubahan dan keadilan.

f.       Globalisasi Ilmu Pengetahuan
Masa depan adalah peradaban yang didominasi ilmu pengetahuan.  IPTEK menjadi sumber kekuatan untuk mewujudkan kemakmuran.  Globalisasi IPTEK memunculkan kesadaran pentingnya pemamfaatan ilmu pengetahuan dan tekhnologi untuk mengolah potensi alam untuk kemaslahatan hidup orang banyak. Seperti rekayasa genetika, kloning, perkembangan komputer, dll.

g.      Globalisasi Agama
Globalisasi dapat menyentuh agama-agama, terutama yang berkaitan dengan norma, nilai, dan makna agama. Disatu sisi dengan kemajuan informasi dan telekomunikasi dapat berakibat positif bagi agama-agama, misalnya, penyiaran nilai-nilai agama dan sebaliknya menyiarkan jauh dari nilai keagamaan serta dapat menimbulkan singkritisme atau mencari alternatif kepercayaan lainnya yang mereka yakini.

h.      Dampak Globalisasi
Berikut adalah dampak positif dan negatif Globalisasi di berbagai bidang kehidupan :
1)      Bidang Politik
a)      Dampak Positif :
§      Penyelenggaraan pemerintahannya lebih terbukuka
§      Penyelenggaraan pemerintahannya lebih demokratis
§      Pemerintahannya menghormati hak-hak asasi manusia
b)      Dampak Negatif :
§      Semakin banyaknya partai politik
§      Semakin meningkatnya nilai-nilai politik individu, kelompok, oposisi, diktator mayoritas atau tirani minoritas
§      Merebaknya nilai-nilai politik barat masuk secara langsung atau tidak langsung
§      Pemerintahan negara yang berdaulat dalam mengatur dirinya sendiri semakin berkurang

2)      Bidang Ekonomi
a)      Dampak Positif :
§      Produksi global dapat ditingkatkan
§      Meningkatkan kemakmuran masyarakat dalam suatu Negara
§      Meluaskan pasar untuk produk dalam negeri
§      Dapat memperoleh lebih banyak modal dan teknologi yang lebih baik
§      Menyediakan dana tambahan untuk pembangunan ekonomi
b)      Dampak Negatif :
§      Menghambat pertumbuhan sektor industry
§      Memperburuk neraca pembayaran
§      Sektor keuangan semakin tidak stabil
§      Memperburuk prospek pertumbuhan ekonomi jangka panjang
§      Terhapusnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri
§      Gaya hidup yang cenderung meniru budaya barat
§      Menyebabkan kesenjangan sosial
3)      Bidang Sosial dan Budaya
a)      Dampak Positif :
§      Turut serta berpartisipasi dalam kegiatan sosial internasional
§      Menjunjung tinggi pelaksanaan HAM
§      Mengadakan pertukaran pelajar antar Negara
§      Meningkatkan pembelajaran mengenai tata nilai sosial budaya
§      Adanya rasa solidaritas sosial yang tinggi
§      Menumbuhkan sikap toleran
§      Memacu untuk meningkatkan kualitas diri
b)      Dampak Negatif :
§      Semakin mudahnya nilai-nilai barat masuk ke Indonesia
§      Semakin memudarnya apresiasi terhadap nilai-nilai budaya local
§      Semakin bertambahnya nilai budaya kaum kapitalis
§      Rasa kekeluargaan yang berkurang
§      Lunturnya semangat gotong royong dan kesetiakawanan
§      Erosi nilai-nilai budaya
§      Terjadinya akulturasi budaya
§      Meningkatnya individualism
§      Membuat sikap menutup diri
§      Hilangnya semangat nasionalisme
§      Serba instant

4)      Bidang Pertahanan dan Keamanan
a)      Dampak Positif :
§      Semakin menguatnya supremasi hukum dan demokratisasi
§      Semakin menguatnya regulasi hukum
§      Semakin menguatnya tuntutan terhadap tugas-tugas penegak hukum yang lebih professional
§      Semakin menguatnya supremasi sipil
b)      Dampak Negatif :
§      Peran masyarakat dalam menjaga keamanan negara semakin berkurang
§      Perubahan dunia yang cepat, mampu mempengaruhi pola pikir masyarakat secara global

5)      Bidang Informasi dan Komunikasi
a)      Dampak Positif :
§      Lebih cepat mendapatkan informasi yang akurat melalui internet
§      Dapat berkomunikasi dengan kerabat yang sangat jauh
§      Mendapatkan layanan bank dengan sangat mudah
b)      Dampak Negatif :
§      Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris (Kompas)
§      Penggunaan situs tertentu yang dapat disalahgunakan
§      Kerahasiaan alat tes semakin terancam
§      Kerusakan komputer karena terserang virus

6)      Bidang Pendidikan
a)      Dampak Positif :
§      Munculnya media-media sebagai sumber ilmu
§      Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru
§      Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka
b)      Dampak Negatif :
§      Kerahasiaan alat tes semakin terancam
§      Penyalahgunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak criminal.

BAB IV
PENUTUP

1.      Kesimpulan
Globalisasi merupakan suatu gejala wajar yang pasti akan dialami oleh setiap bangsa di dunia, baik pada masyarakat yang maju, masyarakat berkembang, masyarakat transisi, maupun masyarakat yang masih rendah taraf hidupnya.
Dalam era global, suatu  masyarakat/negara tidak mungkin dapat mengisolasi diri terhadap proses globalisasi. Jika suatu masyarakat/negara mengisolasi diri dari globalisasi, mereka dapat dipastikan akan terlindas oleh jaman serta terpuruk pada era keterbelakangan dan kebodohan.
Globalisasi menyumbangkan pengaruh besar yang  mencakup berbagai aspek dalam kehidupan, baik dalam aspek ekonomi, informasi dan teknologi, budaya, ilmu pengetahuan maupun hokum.
Globalisasi juga memberikan dampak positif dan negative dalam kehidupan baik dibidang politik, hukum, pertahanan, keamanan, ekonomi, social dan budaya. Salah satu manfaat globalisasi yang sangat dirasakan adalah terbukanya peluang bisnis bagi masyarakat untuk memasarkan produknya ke luar negeri, sedangkan salah satu dampak negatifnya adalah masuknya beberapa budaya luar yang sangat bertentangan dengan budaya Negara kita.


2.      Saran
Pada bab ini penulis menyarankan agar kita tidak dapat menentang arus globalisasi, tetapi kita juga tidak harus sepenuhnya mengikuti. Setelah mengetahui berbagai dampak globalisasi, baik positif maupun negative, kita dituntut untuk selektif memilih budaya atau pun hal – hal baru yang bersasal dari luar, sehingga kita tidak menghilangkan budaya yang sejak dahulu telah tertanam pada diri kita.

DAFTAR PUSTAKA

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

34 PROVINSI DI INDONESIA BESERTA PAKAIAN, MAKANAN KHAS, TARIAN DAERAH, ALAT MUSIK, RUMAH ADAT DAN LAGU DAERAH

34 PROVINSI DI INDONESIA BESERTA PAKAIAN, MAKANAN KHAS, TARIAN DAERAH, ALAM MUSIK, RUMAH ADAT DAN LAGU DAERAH 1.       Provinsi   Nanggro Aceh Darussalam   (NAD) Pakaian Daerah : Pidie Makanan Khas : Timpan, Masak udang cumi, Gulai Aceh,Daging masak pedas, Korma kambing, Sie Reubeouh cuka, Gulai kepala ikan,   Meuseukat, Kanji Rumbi Tarian Daerah : Tari Seudati, Tari Saman, Tari Ranup Lam Puan, Tari Meuseukat, Tari Kipah Sikarang Aceh, Tari Aceh Gempar, Tari Mulia Ratep Aceh, Tari Rapai Geleng Aceh, Tari Turun Kuaih Aunen Aceh, Tari Bungong Seulanga Aceh, Tari Seudati Ratoh Aceh, Tari Nayak Padi Aceh, Tari Saman Jaton Aceh, Tari Kipah Sitangke Aceh, Tari Dodaidi Aceh, Tari Likok Puloe Aceh, Tari Didong Gayo Aceh, Tari Tarek Pukat Aceh, Tari Aceh Ek U Gle, Tari Aceh Dara Meukipah Tari Aceh Top Pade. Alat Musik : Serune Kalee Rumah Adat : Rumoh Aceh, Rumah Krong Pade atau Ber

CONTOH PROPOSAL SEPAK BOLA

Assalamu'alaikum kawan - kawan. dibawah ini saya bagikan contoh proposal sepak bola yang bisa kawan - kawan lihat. semoga bermanfaat ! PERSATUAN SEPAK BOLA MENDALOK PSM FC DESA MENDALOK, KEC.SUNGAI KUNYIT, KAB. MEMPAWAH Alamat : Jl.Moch Yasin, Desa Mendalok, Kecamatan Sungai Kunyit, Kab. Mempawah                                                                                                             Mendalok, 1 Februari 2017 Nomor              : 01 / PSM.FC/ II / 2017 Lampiran         : 1 Berkas Perihal              : Permohonan Bantuan Dana Kepada. Yth. Bapak Kepala Desa Mendalok                                                                                                             Di –                                                                                                                         Tempat Assalamu’alaikum. Wr. Wb Dengan hormat, Alhamdulillahirobbil’alamin, teriring puji syukur ke ha

CONTOH PROPOSAL REMAJA MASJID

PROPOSAL REMAJA MASJID DARUL JANNAH DESA MENDALOK                                                       REMAJA MASJID DARUL JANNAH Jln. Moch Yasin, Dusun Durian, RT:07/RW:02,            Desa Mendalok, Kec.Sungai Kunyit. REMAJA MASJID DARUL JANNAH DESA MENDALOK KECAMATAN SUNGAI KUNYIT Alamat : Jl.Moch Yasin, RT:07/RW:02, Desa Mendalok, Kecamatan Sungai Kunyit, Kab.Mempawah Nomor   : 08/RMDJ-DM/VIII/2017                                        Mendalok, 01 Februari 2017 Lamp.    : 1 Berkas                                                                   H a l       :  Permohonan Bantuan Dana                                Kepada                                                                                                  Yth. Bapak Kepala Desa Mendalok      di_                                                                                                             T e m p a t Dengan hormat, Bersama den