Langsung ke konten utama

KEPRIBADIAN EKSTROVERT DAN INTROVERT

Materi ini merupakan tugas dari salah satu murid les saya yang saya publikasikan ke blog saya ini. tugas inu juga terinspirasi dari tulisan di salah satu blog yang saya cantumkan di bagian bawah unggahan ini.
semoga unggahan ini dapat bermanfaat bagi teman - teman sekalian.
terima kasih !

KEPRIBADIAN EKSTROVERT DAN INTROVERT
PENTINGNYA MEMPELAJARI TEMPERAMEN
Manusia di ciptakan berbeda-beda, baik dari segi fisik maupun temperamen. Dalam hubungan suami-isteri, maupun hubungan pertemanan sering terjadi salah paham oleh karena ketidak sanggupan memahami sifat dan karakter masing-masing. Nah..oleh karena itu melalui pelajaran ini mari kita belajar mengenali karakter masing-masing, demi terciptanya hubungan yang lebih baik.
Ada 2 jenis kepribadian temperamen manusia, yaitu :
v  Ekstrovert
v  Introvert
Jung mengatakan (dalam Hall dan Lindzey, 1978 : 125) bahwa ekstrovert adalah kepribadian yang lebih dipengaruhi oleh dunia objektif, orientasinya terutama tertuju ke luar. Pikiran, perasaan, serta tindakannya lebih banyak ditentukan oleh lingkungan. Sedangkan introvert adalah kepribadina yang lebih dipengaruhi oleh dunia subjektif, orientasinya tertuju ke dalam.
Sementara introvert Menurut Eysenck, adalah satu ujung dari dimensi kepribadian introversi - ekstroversi dengan karakteristik watak yang tenang, pendiam, suka menyendiri, suka termenung, dan menghindari resiko (Pervin, 1993 : 302).
Kita akan melihat perbedaan kedua jenis kepribadian ini, dari sudut perkembangan moral, akademis, pilihan pekerjaan, dll.

1.      PERKEMBANGAN MORAL DAN ROHANI
A.    Kaum Ekstrovert.
Temperamen yang introvert (melankoli dan plegmatik lebih mudah diajar daripada yang ekstrovert (sanguin dan kolerik). Bukan berarti mereka adalah kaum pemberontak, karena untuk diajar, perlu waktu dan kesabaran sebab mereka mudah kehilangan perhatian.
Jika anak-anak ini dibiarkan bertumbuh begitu saja, maka perhatiannya terhadap hukum dan peraturan (Allah dan manusia) akan berkurang. Umumnya kaum kriminal dan pelanggar hukum adalah golongan ekstrovert yang ekstrim.
B.     Kaum Introvert.
Lebih mudah diatur dan dididik. Lebih penurut dan kata hatinya mudah terganggu. Biasanya mereka hadir acara-acara bersifat rohani. Masalah mereka yang besar adalah problema rasa bersalah.
Kebutuhan mereka yang terbesar adalah keyakinan bahwa dosa-dosa mereka telah diampuni. Tidak boleh memperlakukan mereka dengan keras karena mudah bagi mereka untuk mengetahui peraturan yang harus ditaati.

2.      HASIL AKADEMIS.
A.    Kaum Ekstrovert
Kurang begitu menonjol disekolah. Nilai angka mereka biasanya sedang-sedang saja. Kurang dapat mendisiplin diri sendiri. Memperoleh stimulasi yang kuat melalui tegoran atau disiplin.
B.     Kaum Introvert
Biasanya lebih mudah menangkap pelajaran dan grade mereka agak tinggi. Namun ada juga pengaruh faktor lainnya, seperti inteligensia dan motivasi. Lebih mendisiplin diri untuk belajar dengan baik. kaum introvert memperoleh motivasi yang kuat melalui pujian.

3.      PILIHAN PEKERJAAN.
A.    Kaum Ekstrovert
Biasanya melakukan pekerjaan lebih baik jika ada hubungannya dengan orang lain. Contoh pekerjaan mereka adalah salesman/saleslady, humas, pertunjukan seni dan musik, dan seringkali politik.
Ada dua jenis ekstrovert:
§      Pertama, sangat sosial, bersahabat, dan suka jalan-jalan;
§      Kedua, lebih kasar, suka murung, dan berlaku tidak sopan. Sangat sosial, bersahabat dan suka jalan-jalan
B.     Kaum Introvert
Bekerja lebih baik dalam pelajaran di sekolah. Lebih suka melakukan tugas yang detail, mempunyai kesanggupan untuk berkonsentrasi, dan bekerja dengan benda-benda daripada dengan orang. Biasanya mereka menjadi ahli akutansi, peneliti, pelukis atau seniman, tehnisi, dan lain-lain.

4.      POPULARITAS.
A.    Ekstrovert
Ektrovert lebih populer di sekolah dan biasanya mereka dipilih sebagai para pemimpin. Ekstrovert lebih mudah mengadakan hubungan dengan lawan jenis sebab mereka pintar berbicara. Lebih mudah menjalin hubungan dengan orang yang tidak dikenal karena sikapnya periang, suka senyum, dan berbicara.

B.     Introvert
Introvert cenderung untuk menyendiri di kamar atau hanya mempunyai satu atau dua kawan saja.

5.      KESANGGUPAN UNTUK BERKONSENTRASI.
A.    Kaum Ekstrovert
Ekstrovert kurang dapat berkonsentrasi karena mereka mudah terganggu. Ekstrovert cenderung untuk mengalami kecelakaan, seperti kecelakaan mobil. Ekstrovert kurang begitu kuatir karena masa berkonsentrasi agak singkat.
B.     Kaum Introvert
Daya konsentrasi mereka lebih tinggi dan lebih lama. Introvert kurang sanggup menjalani ujian tulisan yang panjang-panjang karena daya konsentrasi mereka sangat pendek. Lekas bosan dengan bacaan yang panjang-panjang.

6.      DAYA INGAT.
Daya ingat ekstrovert cukup pendek, sementara kaum introvert lebih lama. Jika seorang dosen memberi ujian sehabis bahan kuliah diajarkan, maka kaum ekstrovert akan mempunyai hasil yang lebih baik daripada introvert. Karena daya ingat introvert lebih kuat, maka mereka lebih mudah diajar karena mereka akan ingat itu untuk jangka waktu yang lama berbagai pelajaran.


RINGKASAN
Ada 2 jenis kepribadian temperamen manusia, yaitu : Ekstrovert dan Introvert. Kita akan melihat perbedaan kedua jenis kepribadian ini, dari sudut perkembangan moral dan rohani, hasil akademis, pilihan pekerjaan, popularitas, kesanggupan untuk berkonsentrasi, dan daya ingat.
1.      Perkembangan Moral Dan Rohani
Kaum Ekstrover Bukan berarti mereka adalah kaum pemberontak, karena untuk diajar, perlu waktu dan kesabaran sebab mereka mudah kehilangan perhatian. Kaum Introvert Lebih mudah diatur dan dididik. Lebih penurut dan kata hatinya mudah terganggu. Biasanya mereka hadir acara-acara bersifat rohani. Masalah mereka yang besar adalah problema rasa bersalah.
2.      Hasil Akademis.
Kaum Ekstrovert Kurang begitu menonjol disekolah. Nilai angka mereka biasanya sedang-sedang saja. Kurang dapat mendisiplin diri sendiri. Sedangkan kaum Introvert Biasanya lebih mudah menangkap pelajaran dan grade mereka agak tinggi. Namun ada juga pengaruh faktor lainnya, seperti inteligensia dan motivasi.
3.      Pilihan Pekerjaan.
Kaum Ekstrovert Biasanya melakukan pekerjaan lebih baik jika ada hubungannya dengan orang lain. Contoh pekerjaan mereka adalah salesman/saleslady, humas, pertunjukan seni dan musik, dan seringkali politik. Untuk Kaum Introvert, Bekerja lebih baik dalam pelajaran di sekolah. Biasanya mereka menjadi ahli akutansi, peneliti, pelukis atau seniman, tehnisi, dan lain-lain.
4.      Popularitas.
Ektrovert lebih populer di sekolah dan biasanya mereka dipilih sebagai para pemimpin. Sedangkan Introvert cenderung untuk menyendiri di kamar atau hanya mempunyai satu atau dua kawan saja.
5.      Kesanggupan Untuk Berkonsentrasi.
Ekstrovert kurang dapat berkonsentrasi karena mereka mudah terganggu. Ekstrovert cenderung untuk mengalami kecelakaan, seperti kecelakaan mobil. Sedangkan kaum ekstrovert, Daya konsentrasi mereka lebih tinggi dan lebih lama.
6.      Daya Ingat.

Daya ingat ekstrovert cukup pendek, sementara kaum introvert lebih lama.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

34 PROVINSI DI INDONESIA BESERTA PAKAIAN, MAKANAN KHAS, TARIAN DAERAH, ALAT MUSIK, RUMAH ADAT DAN LAGU DAERAH

34 PROVINSI DI INDONESIA BESERTA PAKAIAN, MAKANAN KHAS, TARIAN DAERAH, ALAM MUSIK, RUMAH ADAT DAN LAGU DAERAH 1.       Provinsi   Nanggro Aceh Darussalam   (NAD) Pakaian Daerah : Pidie Makanan Khas : Timpan, Masak udang cumi, Gulai Aceh,Daging masak pedas, Korma kambing, Sie Reubeouh cuka, Gulai kepala ikan,   Meuseukat, Kanji Rumbi Tarian Daerah : Tari Seudati, Tari Saman, Tari Ranup Lam Puan, Tari Meuseukat, Tari Kipah Sikarang Aceh, Tari Aceh Gempar, Tari Mulia Ratep Aceh, Tari Rapai Geleng Aceh, Tari Turun Kuaih Aunen Aceh, Tari Bungong Seulanga Aceh, Tari Seudati Ratoh Aceh, Tari Nayak Padi Aceh, Tari Saman Jaton Aceh, Tari Kipah Sitangke Aceh, Tari Dodaidi Aceh, Tari Likok Puloe Aceh, Tari Didong Gayo Aceh, Tari Tarek Pukat Aceh, Tari Aceh Ek U Gle, Tari Aceh Dara Meukipah Tari Aceh Top Pade. Alat Musik : Serune Kalee Rumah Adat : Rumoh Aceh, Rumah Krong Pade atau Ber

CONTOH PROPOSAL SEPAK BOLA

Assalamu'alaikum kawan - kawan. dibawah ini saya bagikan contoh proposal sepak bola yang bisa kawan - kawan lihat. semoga bermanfaat ! PERSATUAN SEPAK BOLA MENDALOK PSM FC DESA MENDALOK, KEC.SUNGAI KUNYIT, KAB. MEMPAWAH Alamat : Jl.Moch Yasin, Desa Mendalok, Kecamatan Sungai Kunyit, Kab. Mempawah                                                                                                             Mendalok, 1 Februari 2017 Nomor              : 01 / PSM.FC/ II / 2017 Lampiran         : 1 Berkas Perihal              : Permohonan Bantuan Dana Kepada. Yth. Bapak Kepala Desa Mendalok                                                                                                             Di –                                                                                                                         Tempat Assalamu’alaikum. Wr. Wb Dengan hormat, Alhamdulillahirobbil’alamin, teriring puji syukur ke ha

CONTOH PROPOSAL REMAJA MASJID

PROPOSAL REMAJA MASJID DARUL JANNAH DESA MENDALOK                                                       REMAJA MASJID DARUL JANNAH Jln. Moch Yasin, Dusun Durian, RT:07/RW:02,            Desa Mendalok, Kec.Sungai Kunyit. REMAJA MASJID DARUL JANNAH DESA MENDALOK KECAMATAN SUNGAI KUNYIT Alamat : Jl.Moch Yasin, RT:07/RW:02, Desa Mendalok, Kecamatan Sungai Kunyit, Kab.Mempawah Nomor   : 08/RMDJ-DM/VIII/2017                                        Mendalok, 01 Februari 2017 Lamp.    : 1 Berkas                                                                   H a l       :  Permohonan Bantuan Dana                                Kepada                                                                                                  Yth. Bapak Kepala Desa Mendalok      di_                                                                                                             T e m p a t Dengan hormat, Bersama den